Resensi Adalah

  • Pengertian Resensi Menurut Para Ahli

    Berikut ini terdapat beberapa pengertian resensi adalah menurut para ahli, antara lain:


    1. Menurut Resensi Secara Etimologi

    Secara etimologi, resensi adalah suatu yang mengulas kembali atau melihat kembali. Sedangkan dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah review.


    2. Menurut KBBI

    Resensi merupakan sebagai pertimbangan atau  pembicaraan dan ulasan tentang buku.


    3. Menurut WJS. Poerwadarminta

    Resensi merupakan sebagai pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah  buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, dan memberi dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli.


    4. Menurut Panuti Sudjiman

    Resensi adalah hasil pembahasan dan penilaian yang pendek tentang suatu karya tulis. Konteks ini memberi arti penilaian, mengungkap secara sekilas, membahas, atau mengkritik buku.


    5. Menurut Euis Sulastri dkk

    Istilah resensi berasal dari bahasa Belanda, resentie, yang berarti kupasan atau pembahasan. Jadi,  pengertian resensi adalah kupasan atau pembahasan tentang buku, film, atau drama yang biasanya disiarkan melalui media massa, seperti surat kabar atau majalah.


    6. Menurut Saryono

    Resensi adalah sebuah tulisan berupa esai dan bukan merupakan bagian suatu ulasan yang lebih  besar mengenai sebuah buku.


    Fungsi Resensi

    Berikut ini terdapat beberapa fungsi resensi, antara lain:

    1. Fungsi informatif, yakni menginformasikan keberadaan buku atau film tertentu sehingga pembaca merasa tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut.
    2. Fungsi komersial, yakni mempromosikan produk baru untuk kepentingan komersial.
    3. Fungsi akademik, yakni interaksi antara penulis atau pengarang buku, penerjemah, editor, dan peresensi dalam membentuk wacana keilmuan mengenai topik tertentu.