Contoh Teks Ulasan Lengkap

  • Pada saat kita membaca buku, kita harus mencerna buku bacaan tersebut dengan seksama agar kita dapat memahami isinya. Di pihak lain, kita perlu mengomunikasikan pemahaman kita itu dalam berbagai bentuk untuk keperluan presentasi atau menulis, seperti proposal penelitian, laporan penelitian, artikel ilmiah, tugas akhir, atau skripsi. Oleh karena itu, mahasiswa membutuhkan keterampilan mengulas buku.


    Contoh Teks Ulasan



    Teks ulasan juga disebut teks review. Ulasan pada umumnya ditulis dalam bentuk artikel, sehingga teks ulasan dapat disebut artikel ulasan. Di lingkungan kita, karena ulasan biasanya dibuat terhadap buku, teks ulasan dinamakan ulasan buku, resensi buku, atau timbangan buku. Sesungguhnya, ulasan tidak harus dibuat terhadap buku, tetapi juga dapat dibuat untuk karya-karya lain seperti artikel, karya sastra (cerpen, novel, drama, dan puisi), serta karya seni (musik, tari, kriya, lukis, pertunjukan, dan film).

    Bahkan ulasan dapat dibuat terhadap sebuah peristiwa, misalnya olah raga atau kegiatan sosial lainnya. Ulasan merupakan teks yang berfungsi untuk menimbang, menilai, dan mengajukan kritik terhadap karya atau peristiwa yang diulas tersebut.

    Apa itu Teks ulasan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

    Pengertian Teks Ulasan Menurut Para Ahli

    • Teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya seperti film, drama, atau sebuah buku. Teks ulasan disebut juga dengan resensi. Ketika mengulas suatu karya, pengulas harus bersikap kritis agar hasil ulasannya dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan karya tersebut.
    • Ulasan juga dapat disebut review. Ulasan pada umumnya ditulis dalam bentuk artikel, sehingga teks ulasan juga dapat disebut artikel ulasan, Ulasan merupakan teks yang berfungsi untuk menimbang, menilai, dan mengajukan kritik terhadap karya atau peristiwa yang diulas tersebut (Gerot & Wignell, 1994; Hyland & Diani, 2009 ).

     


    Tujuan Teks Ulasan

    Teks ulasan memiliki beberapa tujuan, yaitu:

    1. Menunjukkan pandangan atau penilaian penulis resensi terhadap suatu karya
    2. Memberikan informsi kepada publik tentang kelayakan yang dimiliki suatu karya
    3. Membantu pembaca untuk mengetahui isi suatu karya
    4. Memberikan informasi kepada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan karya yang diulas atau diresensi
    5. Mengetahui perbandingan karyaa tersebut dengan karya lain yang sejenis
    6. Memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya.
    7. Memberi tahu dan mengajak pembaca untuk merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan masalah yang terdapat dalam suatu karya.
    8. Memberikan pertimbangan pada pembaca apakah suatu karya tersebut pantas untuk dinikmati atau tidak.
    9. Memudahkan pembaca dalam memahami hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa.
    10. Memberikan pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli dan menikmati suatu karya.

     


    Ciri-ciri Teks Ulasan

    Teks ulasan atau resensi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

    • Strukturnya terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
    • Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk.
    • Opininya berdasarkan fakta yang di interpretasikan
    • Memiliki nama lain yaitu resensi.

     


    Struktur teks ulasan

    Struktur teks ulasan merupakan susunan yang membangun sebuah teks ulasan sehingga menjadi suatu teks yang utuh. Struktur teks ulasan terdiri dari beberapa hal berikut:

    • Orientasi



    Orientasi merupakan bagian pertama yang menjelaskan tentang gambaran umum sebuah karya baik film, drama maupun sebuah buku yang akan diulas. Bagian orientasi memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai apa yang akan diulas.

    • Tafsiran



    Tafsiran merupakan bagian yang berisi penjelasan detail mengenai sebuah karya yang diulas, misalnya berisi tentang bagian-bagian suatu karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dsb.

    • Evaluasi



    Evaluasi merupakan bagian yang berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. Evaluasi dilakukan setelah pengulas melakukan tafsiran secara cukup terhadap hasil karya tersebut. Pada bagian evaluasi ini pengulas akan menyebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan dari karya tersebut. Ataupun bagian yang kurang bernilai atau kekurangan dari karya tersebut.

    • Rangkuman



    Rangkuman merupakan bagian yang berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya. Bagian ini juga memuat komentar penulis apakah hasil karya tersebut berkualitas atau tidak untuk ditonton atau dibaca.

    Contoh Teks Ulasan Puisi

    Sahabat Terbaikkku

    Sahabat …

    di saat kita nikmati kebersamaan banyak hal yang terlewat kan begitu saja

    keceriaan, canda dan tawa semuanya mengalir begitu saja

    waktu yang tersisah seolah tak mampu menampung nya dan waktu yang sangatlah singkat membuat ku teringat kepada mu sahabat ..

    Semua kenangan – kenangan itu tak terasa ,pergi meninggalkan segala kegembiraan

    serta canda dan tawa mu satu persatu hilang sekejap mata

    ada beribu senyum saat terlintas memory yang dulu kala

    Sahabat …

    semua yang pernah kita jalani hari demi hari , waktu demi waktu telah kita lalui semuanya.

    Banyak hal yg pernah terjadi karena itulah jalan hidup yang kita miliki

    kadang benci, kesal ,dan kecewa serta rasa senang dan sayang

    sungguh luar biasa , apa yang telah kita lalui bersama ..

    Ya Tuhan …

    jagalah dan lindungilah

    sahabat-sahabat ku

    karena mereka adalah sahabat terbaiku selamanya

    Orientasi:

    Puisi yang berjudul sahabat terbaikku ini merupakan puisi karya frizka Tirani. Puisi ini menceritakan sahabat terbaik penulis. Mereka melalui semua waktu yang ada bersama. Begitu banyak momen yang mereka lalui mengalir saja tanpa terasa. Penulis menceritakan banyak hal yang mereka lakukan untuk menjalani hidup yang mereka miliki.

    Tafsiran:

    Pada paragraf pertama, penulis menceritakan saat-saat yang mereka nikmati dan terlewatkan begitu saja. Keceriaan, canda dan tawa tercurah di sana. Waktu yang tersisa pun tidak dapat menampungnya. Hal itu membuat si penulis terkenang dengan sahabatnya. Semua kenangan seperti tak terasa, sedikit demi sedikit meninggalkan kegembiraan. Satu persatu hilang sekejap. Pada paragraf terakhir puisi ini, penulis membuat sebuah permohonan kepada tuhan untuk menjaga dan melindungi sahabatnya itu.

    Evaluasi:

    Puisi ini disajikan dengan tema yang menarik. Sehingga pembaca merasa terkesan dengan puisi ini. Selain itu, puisi ini berisi hal-hal yang terjadi. Seperti canda tawa, senang, sayang dan lain-lain. Frizka tirani juga cukup baik mengolah kata-kata puitis dalam puisi ini.

    Meskipun demikian, puisi ini terlalu panjang untuk skala puisi pada umumnya. Kata-katanya masih seperti bahasa Indonesia biasa. Tetapi, puisi ini sudah mewakili hal-hal yang di alami sang penulis.

    Rangkuman:

    Walaupun memiliki sedikit kekurangan, puisi ini sangat bagus untuk motivasi seorang remaja ataupun anak-anak yang memiliki sahabat agar lebih menghargai seorang sahabat. Saling mengasihi sahabatnya. Puisi ini juga mengajarkan arti sebuah persahabatan yang indah.

     

    Baca Juga :