5 Aplikasi Mobile Yang Dapat Membantu Belajar Yoga Secara Otodi

  • Yoga belakangan menjadi olahraga yang diminati sebagian masyarakat modern. Praktik yoga telah dilakukan ribuan tahun yang lalu di India, dan kini diadopsi oleh banyak orang di seluruh dunia.

    Banyaknya manfaat menjadi alasan banyak orang melakukan yoga. Beberapa di antaranya yaitu meluruskan postur tubuh, melenturkan tubuh, sarana relaksasi yang bagus dan lain sebagainya. Di sisi lain, praktik yoga dapat dilakukan siapa saja, bahkan kamu yang tidak memiliki pengalaman.

    Bagi kamu yang baru pertama melakukan yoga, atau ingin belajar yoga secara gratis, kamu bisa mengunduh kumpulan aplikasi yoga berikut ini. Belajar beragam gerakan yoga juga rasanya akan menjadi jauh lebih mudah.

    Yoga Monkey

    moneky yoga-min

    Yoga Monkey akan membantu orang belajar yoga langkah demi langkah. Dimulai dari gerakan yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Ada tiga menu utama yang bisa digunakan pengguna, yaitu Single, Timeline, dan Progress.

    Single menyediakan latihan yoga yang dibagi atas tema-tema khusus, misalnya tema untuk menurunkan berat badan atau tema untuk mengatasi depresi. Sayangnya kamu hanya bisa mencoba tema menurunkan berat badan di Yoga Monkey, untuk mencoba sisanya pengguna perlu mengunduh plugin tema tersebut di Google Playstore.

    Bagi yang pertama kali mencoba yoga, menu Timeline sangat direkomendasikan. Kamu bisa belajar yoga dalam sepuluh Series. Setiap Series terdiri atas sepuluh level, tentunya kamu perlu menyelesaikan semua level untuk membuka Series selanjutnya.

    Menu Progress akan mencatat setiap latihan yoga yang kamu selesaikan. Membantu pengguna untuk memantau perkembangan latihan yoga yang telah dilakukan. Semua fitur yang ada di Monkey Yoga tersedia secara cuma-cuma, tanpa ada biaya langganan ataupun premium.

    Yoga Guru

    guru yoga-min

    Aplikasi ini memiliki konsep yang sama dengan Yoga Monkey. Beberapa menu Yoga Monkey juga dapat ditemukan di Yoga Guru, seperti menu Single, Timeline dan Progress.

    Sebagai pelengkap dan pembeda dengan Yoga Monkey, Yoga Guru menyematkan menu Article. Menu ini berisi beragam tulisan seputar Yoga dan manfaatnya. Pengguna membutuhkan koneksi internet untuk membaca artikel di sini.

    Aplikasi Yoga Guru juga mengenakan biaya langganan untuk sejumlah video di menu Single. Biaya perbulannya sebesar $2.99 (sekitar Rp39 ribuan) dan $23.99 (sekitar Rp340 ribuan) pertahun. Bagi yang tidak ingin mengeluarkan uang, kamu bisa membagikan aplikasi Yoga Guru untuk membuka video premium.

    Down Dog

    dog down-min

    Down Dog merupakan aplikasi yoga yang simpel. Pengguna tidak akan menemukan banyak menu di aplikasi ini. Begitu masuk, pengguna akan disodori tiga macam pengaturan yaitu Duration, Squence Type, dan Playslist.

    Duration berguna untuk mengatur lamanya latihan yoga, mulai dari 15 menit hingga 70 menit. Squence Type berguna untuk memilih rangkaian gerakan yoga yang akan ditampilkan pada video latihan. Ada empat macam rangkaian gerakan yoga di Down Dog yaitu Beginner Flow, Intermediate Flow, Beginner Restorativ, dan Intermediate Restorative.

    Playlist merupakan fitur pelengkap. Fitur ini memungkinkan pengguna berlatih yoga dengan ditemani musik. Sayangnya Down Dog hanya menyediakan dua pilihan musik di Playlist yaitu Beats dan Classic. Namun jika dirasa mengganggu, kamu bisa menonaktifkan Playlist dengan memilih None.

    Setelah itu tap Start untuk mulai latihan. Pengguna tinggal mengikuti instruksi yang ada di video untuk mulai berlatih yoga.

    Daily Yoga

    daily yoga-min

    Daily Yoga menyediakan beragam program latihan yoga plus ruang interaksi dengan sesama penggunanya. Bisa dibilang, aplikasi ini menawarkan fitur media sosial bagi penggunanya. Kamu bisa memberikan Like ataupun komentar di status pengguna Daily Yoga lain.

    Oleh karena itu pengguna perlu membuat akun Daily Yoga sebelum menggunakan aplikasi ini. Kamu juga bisa memanfaatkan akun Facebook sebagai alternatif. Setelah log inpengguna akan diminta untuk melengkapi informasi profil, seperti nama, jenis kelamin, negara asal, hingga tujuan berlatih yoga.

    Ada banyak program latihan yoga yang tersedia disini, seperti Office Yoga, Morning Yoga, Yoga for Glowing Skin, dan lain sebagainya. Pengguna perlu mengunduh pluginprogram latihan yoga sebelum bisa menggunakannya.

    Sayang tidak semua program tersedia gratis. Kamu perlu upgrade ke versi pro untuk mencoba semua program. Biaya langganan pertahunnya sebesar $29.99 (sekitar Rp390 ribuan) dan $399 (sekitar Rp518 ribuan) untuk berlangganan Daily Yoga selamanya.

    Pengguna versi pro akan mendapatkan fitur-fitur premium, seperti akses ke semua sesi dan program, musik ekslusif, penggunaan lintas perangkat smartphone, dan lain sebagainya.

    10 Daily Yoga Pose

    10 poses yoga-min

    Aplikasi yoga ini merupakan jawaban bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu. Pengguna akan berlatih sepuluh gerakan yoga yang dikemas dalam satu latihan singkat berdurasi tujuh menit. Lamanya durasi juga bisa diatur ulang di menu Setting.

    Kekurangan aplikasi ini yaitu tampilan yang terlalu sederhana, hanya ada sepuluh gerakan pilihan, serta audio yang kurang gereget.

    Track Yoga

    track yoga-min

    Track Yoga menawarkan keleluasaan latihan yoga bagi penggunanya. Ada dua kategori yang dapat kamu pilih, yaitu Freestyle dan Programs. Kategori Freestyle cocok untuk kamu yang ingin sesi yoga singkat dengan manfaat yang spesifik, misalnya Stress Relief untuk mengatasi stres dan Back Pain Relief untuk mengatasi nyeri punggung.

    Sedangkan kategori Programs merupakan program latihan yoga yang dikemas khusus. Misalnya program Beginner Mind yang diperuntukan untuk pemula. Program ini dibagi menjadi 9 latihan yoga berbeda yang dilaksanakan 9 hari beruturut-turut.

    Pengguna yang menyelesaikan latihan yoga akan mendapatkan 1 Kriya Point. Poin ini berguna untuk membuka latihan yoga di Freestyle dan Program.

    Bagi yang tidak ingin repot mengumpulkan poin, kamu bisa membeli versi pro Track Yoga. Harga langganan versi pro diberandol sebesar Rp40 ribuan per bulan dan Rp271 ribuan untuk per tahunnya. Pengguna versi pro akan mendapatkan akses ke seluruh kelas yoga, kelas khusus, dukungan seumur hidup dari Track Yoga, serta instruktur yoga.

    Nah itulah beberapa aplikasi untuk berlatih yoga yang bisa kamu coba. Kamu tinggal memilih aplikasi yang sesuai dengan seleramu. Selamat mencoba!